Monday, March 27, 2017

17 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

17 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


Hola sobat Herbalya, met sore....sudah tidak heran lagi ya masyarakat perkotaan atau istilah keren nya kaum urban banyak menderita berbagai penyakit berbahaya karena di akibatkan dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Pola makanan siap saji atau junk food sudah menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi.

Belum lagi di gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alkhohol, dan kurang istirahat menjadikan tubuh kita ini rentan terhadap penyakit dan tingkat kekebalan tubuh pun melemah.

Saat ini menjaga kesehatan tidak lagi terlalu di hiraukan karena padat dan sibuk nya aktifitas, alhasil klo sudah jatuh sakit baru merasa menyesal karena kurang menjaga kesehatan. sebagian besar masyarakat saat ini memang mayoritas hanya berobat ke klinik atau dokter dan beli obat yang telah di resepkan ketika jatuh sakit. Seiring perkembangan teknologi dan informasi saat ini masyarakat kembali lagi menggunakan cara herbal dalam pengobatan penyakit yang di derita karena memang di sinyalir tanpa efek samping dan aman di konsumsi.

Salah satunya adalah Bawang Putih. Bawang Putih merupakan sejenis tanaman dalam keluarga Genus Allium. Bawang putih telah di gunakan manusia lebih dari 7000 tahun, Baik sebagai bumbu dalam olahan makanan maupun sebagai pengobatan.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang tinggi yang di sebut Allicin, dan memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur serta beberapa klaim membantu mencegah kanker.

Dalam setiap 100gr Bawang Putih mengandung :
  • 150 Kalori
  • 33 gr Karbohidrat
  • 6,36 gr Protein Susu 
  • Vitamin C, B1, B2, B3, B6, Folat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Kalium
  • Natrium dan Seng
Bawang Putih memiliki bau yang menyengat yang banyak tidak menyukai nya, Namun sudah sejak lama
tanaman ini di gunakan dan di percaya mengatasi bebagai penyakit.

Manfaat Bawang Putih


Macam-macam manfaat bawang putih :

1. Mengurangi Gula Darah
Bawang putih ternyata bisa menurunkan kadar trigliserida pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah. Bawang putih mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang bisa mencegah kadar gula darah meningkat.

2. Mencegah Kanker 
Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut berkurang.

3. Baik Untuk Kehamilan
  Beberapa ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan  membantu meningkatkan berat badan bayi ketika dalam kandungan. Sehingga bayi tentu lebih sehat dan juga kuat.

4. Baik Untuk Anemia
Untuk penderita anemia kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.

5. Melancarkan Pencernaan
Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan.

6. Obat Untuk Pernafasan
Kandungan allicin bisa memberikan sensasi sedikit tajam pada bagian penciuman dan juga meredakan radang atau sakit yang ada pada paru-paru.

7. Merangsang Sel Saraf
Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik.

8. Sumber Stamina
bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. Kebanyakan bahan instan memiliki kandungan kimia dan bisa berbahaya. Sedangkan bawang putih memang mengandung protein yang memberikan sumber stamina pada tubuh. Bagus juga untuk anda yang ingin pulih dari sakit.

9. Mencegah Kolesterol
Allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi untuk dikurangi dengan bawang putih. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol yang tinggi. Karena dengan kolesterol menyebabkan penyakit lain datang seperti halnya jantung dan juga darah tinggi.

10. Mencegah Flu

Bawang putih mengandung bahan yang berguna sebagai antibakteri dan anti jamur dan anti virus. Dengan begitu bagi anda yang sedang terserang flu, bawang putih bisa menyembuhkannya dengan baik. konsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza akan menghilang.

11. Membantu Mengobati Sakit Gigi
Sifat antibakteri bawang putih akan bekerja dan membunuh ulat kecil penyebab gigi sakit. Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air rebusan bawang putih.

12. Mengobati Wasir
Wasir merupakan salah satu penyakit pencernaan namun sudah lebih parah. Bawang putih dengan sifat antibakteri nya bisa mengobati wasir. Haluskan beberapa siung bawang putih kemudian oleskan ke bagian anus yang mengalami wasir atau ambeien.

13. Anti Aging
Bawang putih bisa digunakan sebagai obat anti penuaan. Dengan cara mengonsumsi secara rutin maka bawang putih bisa menutrisi kulit anda dan mencegah penuaan. Kandungan vitamin C dan B1 nya bagus untuk peremajaan kulit anda.

14. Mengobati Maag
Ternyata beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih memiliki lebih dari 200 kandungan senyawa yang bisa melawan gas dalam lambung meningkat. Selain itu, bawang putih bisa mengobati luka pada lambung. Jika anda memiliki maag kronis puasakan diri anda, setelah itu buka menggunakan air putih segelas kemudian minum air rebusan bawang putih.

15. Mengobati Liver
Bawang putih memiliki antioksidan, allicin dan alin yang ternyata berguna untuk mengobati luka pada organ hati atau liver. Karena hati merupakan organ penting untuk membuang racun dan memproses sari makanan dan minuman.

16. Membersihkan Telinga
Bawang putih yang mengandung Zat fosfor yang terkandung ternyata bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri di telinga. Selain itu bawang putih memberikan anti bakteri yang bisa mengusir berbagai penyakit yang kemungkinan menyerang telinga.

17. Membantu Mengatasi Impotensi
Kandugan bawang putih seperti nitrit oksida sintase memiliki sifat afrodisiak dan bisa menyembuhkan para penderita impotensi. Kandugan ini mengatasi lemah syahwat. Seperti halnya obat, konsumsi bawang putih secara rutin untuk pengobatan yang maksimal.

Wah ternyata banyak sekali manfaat dari bawang putih yang belum kita katehui ya sobat Herbalya....informasi yang sangat bermanfaat, ok artikel selanjut nya yang lebih seru dan informatif tentang 20 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan


EmoticonEmoticon